Enter your keyword

Metode Pemasangan Scaffolding pada Module Structure

Metode Pemasangan Scaffolding pada Module Structure

Metode Pemasangan Scaffolding pada Module Structure

Pada dasarnya menjadi seorang Scaffolder itu bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah karena memiliki resiko pekerjaan yang tinggi. Seorang scaffolder juga dituntut harus berani bekerja diatas ketinggian untuk membuat akses orang bekerja dengan aman dan kokoh. Oleh karena itu scaffolder tidak sepenuhnya harus menggunakan otot saja, ketrampilan dan kemampuan mendesain scaffolding (Perancah) yang aman dan baik perlu dimiliki oleh setiap scaffolder.

Hal-hal yang perlu diketahui oleh Scaffolder dalam Pemasangan Scaffolding Hanging (Gantung) pada project Jacket Platform (Module Structure) antara lain sebagai berikut :

  1. APD (Alat Pelindung Diri) wajib digunakan karena pemasangan Scaffolding Hanging memiliki resiko yang
  2. Alat yang di gunakan oleh Scaffolder seperti kunci rachet,waterpass (water level) dan meteran (measuring tape) harus diikat dengan tali supaya pada saat pemasangan Scaffolding peralatan tersebut tidak jatuh.
  3. Sebelum bekerja Scaffolder diwajibkan melakukan test tensi darahdan kesehatan tubuh terlebih dahulu serta memastikan tubuh dalam kondisi fit.

 

Beberapa tahapan untuk melakukan perakitan Scaffolding Hanging (Gantung) untuk di bawah Module Structure (Jacket platform) adalah :

  1. Pastikan di bawah modulestructure tidak ada orang bekerja selain scaffolder.
  2. Pasang Hard Barikade sesuai lebar dan panjang module.
  3. Semua materialpart-part Scaffold yang akan dipasang berada di dalam Hard Barikade.
  4. Pasang Scaffolding Tower sesuai dengan tinggi ModuleStructure (Jacket Platform).
  5. Handrail paling atas Scaffloding Tower semua sisi dipanjangkan keluar sekitar +/- 2(dua) meter sebagai pijakan untuk memasang Girder/Clamp Beam di tiang H-Beam
  6. Setelah semua Girder/Clamp Beam terpasang dengan baik dan benar selanjutnya pemasanganstandard (tiang vertical) Hanging. Jangan lupa posisi di bawah standard diberikan stoper clamp untuk pijakan sementara pada saat gantung.
  7. Jikastandard sudah terpasang dengan benar, pipa handrail tersebut dimajukan untuk memasang standard berikutnya sesuai jarak standard medium duty (class menengah) sambil memasang ledger dan transom tersebut sehingga standard, ledger, dan transom terpasang seluruhnya di bawah Module
  8. Lanjut ke pemasangansteel plank/platform (pijakan), toeboard dan handrail untuk pengaman orang pada saat bekerja di atas Scaffolding.

Pemasangan Tubular scaffolding tidaklah terlalu rumit apabila kita mengetahui dari awal step dan fungsi pelaksanaannya, karena pada Tubular Scaffolding jikalau dari awal sudah terjadi kesalahan step dan pelaksanaannya, maka selanjutnya pemasangan scaffolding tersebut akan tidak benar dan juga tidak safety bahkan bisa menyebabkan terjadinya colaps atau ambruk.

KEEP SAFETY FIRST !!!!!